Manfaat Citra Satelit

  1. Kebutuhan data/informasi potensi wilayah bagi pembangunan daerah
  2. Inventarisasi SDA dan Lingkungan
  3. Pemetaan wilayah sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan
  4. Dibutuhkan teknologi yang bisa mendukung proses pemetaan wilayah dengan cepat dan akurat

"Peta Citra Satelit"

Keterkaitan Data/Informasi dan Pembangunan Daerah serta Teknologi Pengumpulan Data

Pemanfaatan Citra Satelit WorldView-2 dalam pembangunan Daerah

Dengan diberlakukannya otonomi daerah, dimana hak, wewenang, dan kewajiban sepenuhnya diberikan kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri segala urusan, baik pemerintahan maupun kegiatan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka setiap wilayah otonom (Kabupaten/Kota) di Indonesia harus aktif dalam menggali potensi wilayahnya dan mendukung dengan kebijakan-kebijakan
strategisnya agar potensi lokal bisa menjadi unggulan Nasional, Regional, maupun Internasional.

Untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam menggali potensi wilayahnya masing-masing, diperlukan sarana yang bisa menggambarkan keadaan real world secara komprehensif seluruh wilayah, jadi sarana tersebut harus bisa memotret keadaan sebenarnya yang bisa memberikan gambaran nyata pada saat tertentu seluruh wilayah tersebut.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan sarana tersebut adalah melalui kegiatan-kegiatan pengumpulan data atau pemetaan dengan cara :

  •   Survey lapangan secara langsung menelusuri dan menggambarkan setiap objek  yang ada di seluruh wilayah.
  •   Melalui pemotretan lewat udara menggunakan pesawat.
  •   Melalui pemotretan dari satelit remote sensing.

Survey lapangan secara langsung akan sangat memerlukan waktu yang lama dan biaya yang sangat mahal, kegiatan ini hanya cocok untuk wilayah yang kecil untuk keperluan konstruksi.

Pemotretan udara dengan pesawat, masih memerlukan biaya yang sangat mahal walaupun waktunya lebih cepat dari pada survey lapangan secara langsung dan menghasilkan informasi yang sangat detail.

Pemotretan dari Satelit Remote Sensing, saat ini paling banyak digunakan untuk memotret wilayah dengan cakupan area yang sangat luas dengan biaya yang lebih murah dan waktu yang cepat. Dan saat ini citra satelit sejalan dengan kemajuannya sudah memiliki resolusi tinggi dan memberikan informasi yang tidak kalah detil dengan foto udara.

Salah satu citra satelit yang memiliki resolusi spasial yang sangat tinggi saat ini adalah Citra Satelit WorldView-2 seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Dengan resolusi yang bisa menghasilkan informasi sangat detail, citra satelit ini akan sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai sarana dalam menggali potensi wilayah di permukaan bumi. Ukuran sel gambar (pixel) sebesar 0.46 – 0.52 m pada citra WorldView-2 akan mampu membedakan jenis objek yang ditampilkan, misalnya jenis kendaraan bus, truk, minibus, sedan, sepeda motor dan sebagainya, antara irigasi dan jalan raya atau antara sawah dengan ladang dan lain-lain. Kemudian dengan kelengkapan jumlah band atau spektral yang dimilikinya bisa digunakan untuk mendeteksi karakteristik suatu objek di permukaan bumi.

Hal ini akan memberi kemudahan dalam hal menginterpretasikan citra secara langsung dan analisis spasial objek untuk keperluan inventarisasi sumber daya alam dan lingkungan yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s